-->

Namanya Jamu Gendong tapi banyak manfaatnya

Siapa sich yang gak pernah ketemu sama tukang jamu gendong, dari dahulu sampai sekarang tidak pernah hilang dari bumi indonesia ini, karena jamu gendong sudah merupakan warisan nenek moyang kita dulu. walaupun namanya jamu gendong tetapi ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. berikut ini jenis jamu gendong dan manfaatnya yang perlu anda ketahui :

Beras Kencur
Terbuat dari dari ekstrak kencur, ekstrak jahe, ekstrak asam, dan beras. Manfaatnya untuk menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu, dan meningkatkan stamina.

Jamu Kunyit Asam
Terbuat dari kunyit dan asam jawa, ada tambahan seperti gula merah, temulawak dan rempah lain. Manfaatnya untuk mengatasi masalah haid, mencerahkan kulit, dan diet.

Jamu Sinom
Jamu ini terbuat dari sinom (daun asam muda), temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, dan gula pasir. Manfaatnya untuk menambah nafsu makan, mengatasi maag, keputihan pada wanita.

Jamu Cabe Puyang
Terbuat  dari cabe jamu, puyang, dan rempah lain. Manfaatnya adalah menghilangkan pegal linu dan kesemutan.

Jamu Pahitan
Terbuat dari daun sambiloto, atau ditambah brotowali. Manfaatnya untuk mengatasi pegal, menambah nafsu makan, mencegah risiko diabetes, dan sebagai terapi ‘cuci darah’.

Jamu Uyup-Uyup 
Terbuat  dari kencur, jahe, bangle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiring. Manfaatnya untuk meningkatkan produksi ASI, menghilangkan bau badan, dan mengatasi kembung.

Jamu Kunci Sirih
Terbuat dari  dari rimpang kunci dan daun sirih. Manfaatnya untuk menghilangkan keputihan, menghilangkan bau badan, merapatkan bagian kewanitaan, dan memperkuat gigi.

Jamu Kudu Laos
Terbuat  dari laos tumbuk dan rempah lain, lalu direbus. Manfaatnya untuk mengatasi kembung dan meredakan demam.

Jamu Galian Singset
Terbuat  dari kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan rempah lain. Manfaatnya untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Jamu Temulawak
Terbuat dari temulawak, asam jawa, gula aren, daun pandan, dan jinten. Manfaatnya untuk menambah nafsu makan, menyembuhkan keluhan pusing, mual, dan menghilangkan gejala masuk angin.

Source by Brilio.net

LihatTutupKomentar