-->

Ilalang si rumput liar yang memiliki manfaat bagi kesehatan

Siapa yang tidak kenal rumput ilalang? biasanya rumput ini menjadi musuh para petani diladang karena rumput ini cepat tumbuh dan merambat. Namun siapa sangka akar ilalang ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan manusia dan berikut ini adalah manfaat dari akar ilalang tersebut :

Ilalang untuk Obat Penyakit Ginjal Akut

Akar alang – alang ternyata dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit ginjal akut. Cara menggunakannya dengan menyiapkan akar alang-alang yang segar sebanyak 60 – 120 gram, potong- potong akar menjadi ukuran kecil, lalu cuci dan bersihkan sampai benar-benar bersih. Rebuslah akar dengan air bersih sebanyak 3 gelas. Tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan air rebusan dan saringlah untuk memisahkan ampas. Minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiat dan manfaat akar alang-alang sebagai obat penyakit ginjal akut.

Ilalang untuk Obat Muntah Darah
Ramuan dari akar alang – alang ini dapat di jadikan obata penyakit muntah darah. Cara membuatnya dengan menyiapkan 30 – 60 gram akar segar dari alang – alang dicuci bersih, lalu dipotong- potong seperlunya dan rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa hanya tinggal 1 gelas. Dapat diminum setelah dingin.

Ilalang untuk Obat Kencing Nanah
Kecing nanah merupakan penyakit yang sanat menyiksa tubuh kita, jika kamu penderita penyakit kencing nanah ininkamu dapat membuat ramuan obata menggunakan akar alang – alang ini.
Caranya dengan menyiapakan 300 gram akar segar dari alang – alang dicuci bersih, dipotong-potong seperlunya, lalu direbus dalam 2.000cc air bersih sampai tersisa tinggal 1.200cc, tambahkan gula batu secukupnya. Setelah itu dibagi menjadi 3 kali minum sebagai teh. Selama sepuluh hari.

Ilalang untuk Obat Mimisan
Buka hanya daun sirih yang terkenal sebagai obat mimisan,akar alang – alang pun ternyata dapat bermanfaat untuk mengobati mimisan. Caranya dengan menyiapkan akar segar dari alang – alang dicuci bersih, lalu ditumbuk dan diperas airnya sampai terkumpul 100cc setelah itu langsung diminum. Atau bisa juga dengan cara: ambil 30 gram akar segar dari alang – alang dicuci bersih, setelah itu direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa hanya tinggal 1 gelas dan dapat lansung diminum.
kelihatannya rumput ini hanya rumput liar, ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan manusia dan dijadikan sebagai obat herbal.

Hati hati dalam mengkonsumsi obat herbal atau ramuan tradisional, karena tidak semua tubuh manusia bisa menerima kandungan pada obat herbal tersebut.
LihatTutupKomentar