-->

Walaupun Keriput ini Manfaat Jeruk Purut

Manfaat Jeruk Purut
Walaupun Keriput ini Manfaat Jeruk Purut

Jeruk purut, jeruk keriput, jeruk limau, limau, limo atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Citrus hystrix adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan baik daun maupun buahnya.

Pohon tanaman jeruk purut ini relatif kecil serta rantingnya berduri. Daunnya mempunyai bentuk yang khas, seperti dua helai daun yang tersusun secara vertikal, tebal dan permukaannya licin. Daun mudanya mempunyai warna ungu yang kuat.

Selain pohonnya yang kecil memang buahnyapun relatif kecil, rata – rata biasanya berdiameter tidak lebih daripada 4 cm, bentuknya bulat berwarna hijau tua dengan tonjolan – tonjolan dan permukaan kulit yang kasar, serta kulit yang tebal. Buah jeruk purut ini memang mempunyai rasa yang asam, oleh sebab itu jeruk purut ini banyak dijadikan sebagai penyedap masakan.

Selain dapat di gunakan sebagai penyedap makanan tak jarang juga jeruk purut dijadikan bahan utama untuk membuat parfum, dikarenakan aroma jeruk purut ini sedap dan menyegarkan. Kemudian dari daunnya sangat banyak manfaat bagi kesehatan seperti dibawah ini :
  • Daun Jeruk Purut untuk Mengatasi Influenza
Daun jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi influenza. Cara mendapatkan manfaatnya, kita bisa menggunakan air rebusan daun jeruk purut. Daun jeruk purut dipotong kecil-kecil atau di iris, kemudian rebus daun jeruk purut tersebut dengan menggunakan air secukupnya. Setelah direbus, saring dan minumlah air rebusan daun jeruk tersebut dalam keadaan hangat.
  • Daun Jeruk Purut untuk Mengatasi Bau Mulut
Menurut ilmuwan di Thailand, sebelum adanya pasta gigi, orang Asia Tenggara mengunyah daun jeruk purut untuk menjaga kebersihan mulut. Para ilmuwan di Thailand telah mengembangkan herbal yang mengandung campuran jeruk purut dan jambu biji untuk mengatasi bau mulut.

Adanya efek anti-halitosis yang berasal dari aroma minyak aromatik dan sifat anti-bakteri alami pada daun jeruk purut, terbukti efektif dapat menekan aroma tidak sedap pada mulut.
  • Daun Jeruk Purut untuk  Mengatasi Stres
Menghirup aroma minyak daun jeruk purut dapat membuat tubuh membaik. Daun jeruk purut ini dapat digunakan sebagai aroma terapi untuk mengurangi stress, rasa cemas, dan kelelahan akibat penyakit. Aroma daun jeruk purut ini berasal dari minyak esensial.
  • Daun Jeruk Purut untuk Menjaga Kesehatan Rambut
Kandungan minyak dalam jeruk tersebut sangat efektif membersihkan kotoran dan minyak pada rambut. Selain itu, jeruk purut juga dapat dijadikan sebagai anti-bakteri untuk mencegah ketombe dan kutu. Maka dari itu, seringkali kita menemukan jeruk purut digunakan sebagai campuran shampo dan produk perawatan rambut lainnya.
  • Daun Jeruk Purut untuk Mencegah Bakteri
Daun jeruk purut mengandung zat yang memiliki anti- bakteri terhadap Staphylococcus aureus yang merupakan patogen pada kulit. Kandungan ekstrak jeruk purut dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada luka, sehingga memudahkan proses penyembuhan. Adanya anti-bakteri dan bau yang enak, menjadi alasan mengapa minyak daun jeruk purut ada di deodoran.
  • Daun Jeruk Purut untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Daun jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Ini menjadi kabar baik bagi wanita. Kandungan minyak atsiri atau biasa dikenal dengan essential oils dalam daun jeruk purut dapat membunuh Propionibacterium acnes, yang merupakan bakteri pada jerawat. Selain mengandung minyak atsiri, sifat anti- inflamasi dari daun jeruk purut dapat mengurangi pembentukan jerawat dan bekas luka.

Daun jeruk purut juga mengandung antioksidan. Dalam proses perawatan kulit, antioksidan ini sangat berperan penting. Antioksidan dapat membantu mengembalikan efek penuaan dan memelihara kulit agar tetap bercahaya.
LihatTutupKomentar