-->

Rumput Pecing untuk kesehatan

Rumput Pecing untuk kesehatan
Rumput Pecing untuk kesehatan

Pecing atau pacing merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh pada tempat-tempat yang lembab dan agak terlindung. Kadang- kadang tanaman ini tumbuh pada pohon aren atau pohon kelapa sawit seperti benalu. Batang tanaman ini berwarna merah muda atau putih, tidak memiliki cabang dan berair. Helaian daun berbentuk mata tombak, ukuran 9-37 kali 3-10 cm.
Bunga berbentuk terminal rapat, berwarna merah muda atau putih. Daun pelindung memanjang runcing berdiri tempel. Kelopak tidak rontok, serupa tulang segitiga, mahkota membentuk tabung 1×0,5 cm. Tajuk bulat telur, ujung runcing pendek. Buahnya bersegi tiga merupakan buah kotak berwarna merah dengan biji.
Pecing memiliki banyak nama daerah misalnya pacing, tepung tawar, poncang-pancing, dan bunto (Jawa), tabar-tabar, kelacim, setawar, tawar-tawar, tebu tawar, tubu-tubu, sitawar, tawa-tawa, dan totar (Sumatera). Di Sulawesi, orang menyebutnya lingkuwas, lincuas, palai batang, tampung tawara, galoba utan atau tepu tepung, sedangkan orang Maluku menyebutnya muri-muri, tebe pusa, tehu lopu, uga-uga dan tehe tepu.
LihatTutupKomentar