-->

Manfaat Kolang Kaling si buah Aren

Buah kolang kaling
Jika Anda pecinta kuliner yang suka kolak pastinya sudah tahu dengan kolang kaling. Buah yang juga sering disebut dengan nama buah atap ini memang sering dipakai sebagai campuran minuman seperti kolak dan es campur.
Rasanya memang nikmat dan lezat, selain itu juga cocok sekali bila dicampur dengan aneka kuliner minuman lainnya.
tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata si buah atap alias kolang kaling ini banyak sekali menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Ciri ciri pohonnya seperti ini :

Pohon aren atau pohon enau ini yang menghasilkan buah kolang kaling. Tanaman ini adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat penting layaknya pohon kelapa. Selain buahnya, tanaman ini juga sebagai tanaman penghasil gula dan nira. Pohon ini berasal dari Asia beriklim tropis, dan menyebar mulai dari daratan India timur, hingga sampai ke negara Malaysia, Filipina dan Indonesia. Di Indonesia, Pohon ini biasanya tumbuh diketinggian 1400 meter dari permukaan laut. Pohon ini juga dijadikan sumber penghasilan oleh penduduk yang sengaja menanamnya atau yang tumbuh liar dihutan hutan dan sebagai sumber bahan baku pembuatan gula aren dan di ambil buahnya yang disebut buah kolang kaling.

Kandungan Gizi pada buah Kolang Kaling

Kolang kaling mengandung kadar air sampai 93,8 % untuk setiap 100 gramnya. Kemudian juga mengandung 4 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu, serat kasar 0,95 gram dan juga protein 0,69 gram. Ditambah lagi kandungan gelatin dan vitamin A, vitamin B, serta vitamin C nya yang bermanfaat bagi tubuh.
Khasiat Kesehatannya.
Setelah kita membahas dan mengetahui mengenai kandungan gizi, mari kini kita bahas tentang manfaatnya.
dari informasi Departemen Pertanian Indonesia. Menurutnya ada beberapa manfaat kolang kaling yang dapat kita peroleh apabila dikonsumsi.

Manfaat buah Kolang Kaling untuk Tulang
Sebagai sumber kalsium, susu juga dikenal sebagai sumber kalsium andalan untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Namun, susu memiliki kandungan kalori yang tinggi. Hal ini tentu mengkhawatirkan berat badan akan bertambah (untuk yang sedang berdiet). Kemudian jika obesitas terjadi, akan membuat sendi terasa sakit karena tulang merasa keberatan dalam menyangga tubuh.
Namun, tahukah Anda bahwa ternyata kalsium dari kolang kaling hampir menyamai susu sapi murni. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, untuk 100 gram susu sapi yang murni memiliki kandungan 125 mg kalsium. Kemudian kolang kaling 100 gram memiliki kandungan 91 mg kalsium. Jika Anda seorang yang sedang diet atau tidak mau terlihat gemuk, Anda bisa menggunakan kolang-kaling sebagai alternatif pengganti susu.

Khasiat buah kolang-kaling untuk Obat Persendian
Mengobati Radang Sendi Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami penyakit radang sendi, ia cenderung sering mengalami rasa sakit di bagian lututnya apabila sesudah berjalanan beberapa menit atau pada saat menaiki tangga.
Jika Anda atau kerabat Anda sedang mengalami masalah dengan persendiannya, atau penyakit radang sendi ini. Anda bisa memanfaatkan kolang kaling sebagai obat alaminya.
LihatTutupKomentar