-->

Pengertian Obat Tradisional

Pengertian Obat tradisional atau Obat Herbal adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional dan turun-temurun, berdasarkan resep nenek
moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional dari zaman dahulu. Menurut penelitian masa modern sekarang, Obat tradisional memang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia maupun mahluk hidup lainnya, dan sekarang banyak yang gencar dalam penggunaannya, karena lebih mudah harga dan ketersediaan dapat dijangkau oleh masyarakat. Obat tradisional pada saat ini sangat banyak digunakan karena menurut banyak penelitian tidak terlalu banyak menyebabkan efek samping pada tubuh manusia, karena masih bisa dicerna oleh tubuh dan dinetralisir oleh sel tubuh manusia.

Beberapa perusahaan mengolah obat-obatan tradisional yang dimodifikasi lebih lanjut dan dibentuk seperti kapsul dan sebagainya. Bagian dari obat tradisional yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian akar, rimpang, batang, buah, daun dan bunga dari tumbuhan obat tradisional tersebut. Bentuk obat tradisional yang banyak dijual di pasar dalam bentuk kapsul, serbuk, cair seperti jamu.

Berbagai obat tradisional yang sering digunakan secara turun temurun adalah sebagai berikut :
Mengkudu
Bawang
Belimbing sayur
Cengkeh
Daun Dewa
Jahe
Jambu biji
Jamur
Kombucha
Kencur
Kunyit
Mahkota Dewa
Lidah Buaya
Teh
Temu lawak
Rosela
Saga
Sambiloto
Sidaguri
Sirih
Bidara
Pinang
Kulit manis
Manggis
Serai
Getah pisang
Gambir
Keladi
Bekicot
Ikan gabus
Cacing
Kelapa hijau
Daun Jarak
Lengkuas
Hampir semua bumbu yang ada dirumah dan kita pergunakan termasuk dari bahan bahan obat tradisional, seperti merica, cengkeh, kulit manis, jahe, lengkuas, kencur dan sebagainya. dan setiap obat tradisional penyajiannya berbeda beda, ada yang di rebus, dibakar, digiling halus sampai diambil minyaknya saja. Untuk menggunakan Obat tradisional ini harus bertanya sama yang sudah pernah mengkomsumsinya dan cara meramunya juga harus jeli.
Itulah sedikit definisi tentang obat tradisional yang ada di indonesia, semoga artikel ini menambah wawasan kita..Terimakasih telah membaca dan bagikan artikel ini agar teman atau kerabat kita juga tau "Apa itu Obat tradisional"
LihatTutupKomentar